(Cont.) Missing Day...


Akhirnya bisa nulis lagi setelah sekian lama tertunda.. :-)
..nyambung tulisan sebelumnya..


Tana Toraja,sebuah kabupaten kecil di sebelah utara Sulawesi Selatan,8 jam perjalanan dari Makassar,daerah pegunungan dingin yg membuat sebagian besar penduduknya addicted minum kopi wkwkwk (eh yg terakhir ini asumsi saya lho :-) ),dengan 2 kota kecil kembar -Makale dan Rantepao- di dalamnya.
Di sinilah saya menghabiskan masa kecil saya sampai SMU sebelum cabut ke Bandung 8 tahun yg lalu..Natal kali ini benar2 terlewatkan -lihat posting sebelumnya-..dan menyambut tahun baru dengan telinga pekak saking banyaknya petasan bertalu2 ..-kok aneh ya pilihan katanya- (hmm..let me think later),
Dari awal Desember,bahkan mungkin sebelumnya,saya mendengar gaung Toraja Lovely December ( katanya bagian dari Visit Indonesian Year 2008),dan membuat saya lebih bersemangat lagi buat balik ke Toraja , tapi nyampe sana kok ya ga ada yg wah gitu,selain seremonial dengan panggung gede di lapangan Kodim 1414 yg dihadiri JK,..atw saya yg jarang keluar?hmm,rasanya mang lebih enak mendem di rumah,ngopi dalam suasana dingin :-),menikmati liburan.Selama 8 hari di sini,yang bisa saya anggap jalan2 hanya ke kampungnya Bapak ma Ibu di daerah Sa'dan dan ngantar ponakan2 mandi di pemandian air panas Makula -yg jadi pertanyaan saya juga dari dulu,Toraja tidak punya gunung api,tapi punya sumber mata air panas?? hmm - selebihnya?hanya mutar2 di kota kecil ini,yang dari ujung ke ujung bisa ditempuh setengah jam dengan naik motor atau mobil.

Tidak banyak yang berubah sebenarnya dari sini,kecuali bahwa kota kecil saya sudah berubah dimekarkan menjadi sebuah ibukota kabupaten baru,Toraja Utara,..kenangan saya akan masa-masa SMU di sini,yang terasa semakin kental dengan reuni kecil2an bersama beberapa teman yang kebetulan balik juga..orang2 dengan tampang sama(walaupun lebih tua dewasa-,namun sikap dan status yang banyak berubah dan keliatan lebih jelas..ada yang dah jadi PNS jauh di kalimantan sana,jadi kontraktor sukses di toraja (*kedip2*),dan ada malah yg dah punya 3 anak tapi tetep pede bergaul ma kami2..(Hii Sis,will u read this?? :-D)


Rantepao dan ATMnya

ATM,di kota kecil ini -Rantepao- hanya ada 3 biji,Danamon,BNI BRI..dan sebagai informasi tambahan,di sekitar bulan Desember dan Januari itulah orang2 Toraja begitu banyak yg mudik,(untuk merayakan natal dan tahun baru bersama keluarga, ataupun pesta adat),akibatnya pemakai atm jadi membengkak dan..setiap hari sepanjang saya di kota ini,antrian atm ntu seperti antri sembako,dan seringkali,atmnya kehabisan duit cash,so nasabahnya?? terpaksa ngambil duit di 2 atm yg lain(kalo kebetulan ga habis juga)..kali pertama,saya datang pagi hari,dan ngeliat antrian sekitar 8-10 orang,ah masih banyak,ntar2 ja..sorenya saya datang lagi dan..makjegagik!! ntu antrean malah dah muter kyk ular,ga kurang dari 20 orang..tapi sisi positifnya justru karena antri itulah saya bisa ketemu beberapa temen masa kecil saya yg kebetulan datang buat narik duit juga..*ahh kota kecilku..* :-D.
Saya juga ingat gimana satpam banknya cerita,pas tgl 31 menjelang taon baru,ntu atm antriannya ga habis-habis sampe stengah 3 subuh..gila!
*Teriak :Mandiri!!,berekspansi lah ke Toraja sana- acak-acak meja-*


Tanggal 4 malam,saya dah di bandara makasar untuk jadwal penerbangan setengah 9 malam,dan yak persis kayak iklan rokok ntu, delay sampe jam 1 malam..uuughhh!.
=-=-=-=-=-=-=

8 hari yang melelahkan dan penuh kenangan masa lalu tentu saja,hingga akhirnya saya harus balik 'menikmati' penatnya Jakarta..

Satu yg membuat saya agak kaget juga..wooh ponakan-ponakan saya ternyata dah banyak ..dan,sangat berisik!:-D -miss u all ,kids - fiuhh..
Foto2 lebih lengkap saya upload di flickr dan multiply

6 komentar:

Henry Hongdoyo said...

oiiii lama bener baru ada report dari toraja-nya. Bisa2 ponakan lo pada protess tuch... fotonya nggak nongol2. waakaka

Ivy.Puppy said...

finally mas...
wkwkwkw....
lucu jg tuh!!
ktemu teman lama di ATM! kocakk...
biasa na kl saya ktemu teman lama di t4 makan fav...
jd kl d sana, t4 fav na adalh ATM..
ckckckc...

*brb lari seblm ditimpuk.. piss! >,<

Cm4nk said...

@Henry :
Fiuhhh..lo dah tau kompie gw ngadat hampir sebulan :-(

@Ivy
Jahhh dihina gitu *timpuk mouse*
Cobain deh nginjak Toraja,gw yakin lo puas dengan wisata kuliner + panoramanya.. 8-)

Ivy.Puppy said...

wkwkwkw...
mauuuuuuuuuuuuu...
kasi tiket dung!! plus tour guide na yaa.. >,<

*tangkiss...

zam said...

wah.. aku pengen ke Toraja!!! suatu saat aku akan ke sana!!

Cm4nk said...

Wah,tukang jengjeng mampir ke sini.. Suwun Mas..
Monggo,nikmati sekali2 alam pegunungan Tana Toraja,dijamin ga bakal nyesal deh.. ;-)

Copyright © 2008 - Track of ink.. - is proudly powered by Blogger