Trip to Karang Bolong - Karang Suraga


Pagi,9 April 2009..saat orang-orang bersiap untuk menuju TPS,saya bersiap2 juga..tapi buat perjalanan ke daerah Anyer,bukan TPS :P -bukan karena saya enggan memilih,tapi karena saya tidak terdaftar di DPT,dan KTP saya pun bukan KTP Jkt :D -.
Jam 8 pagi,semuanya dah siap,naik bus 213 ke arah Slipi,saya turun depan RS Harapan Kita,tempat janjian dengan Agra dan Henry buat nunggu bus jurusan Merak.Sebelumnya kita dah janjian untuk traveling kali ini dengan nyambung2 bus,walaupun belum ada 1 orang pun yang pernah menginjakkan kaki ke Anyer.Bermodal hasil browsing di blog2 orang tentang rute dan angkutan yang bisa dipakai,kita bertiga nekat buat perjalanan kali ini - orang lain travelling ke luar negeri ja ga nyasar,ini masih Indonesia kok :D -
Akhirnya setelah menunggu sekitar setengah jam,kita dapat bus jurusan Bekasi - Merak.Dan kesalahan pertama terjadi,kita ga nanya tarifnya! begitu naik,ditagih 30rb 1 orang( ntu harga dari Bekasi sampai Merak,bukan Jakarta-Cilegon,fiuhh nasib).Rutenya kita turun di Cilegon Barat,tapi ternyata,busnya hanya keluar di Cilegon Timur,kemudian langsung menuju pintu Tol Merak,mau ga mau, kita turun dekat pertigaan di depan pintu Tol Merak,nyambung mikrolet warna Merah,bayar 3rb perak.Dari sini,kita nyambung lagi mikrolet berwarna perak yang menuju Labuan,dengan patokan,bakal turun di Karang Bolong (hanya ini tempat yang saya tau ketika browsing,jadi ga tau lagi mo turun di mana mhehehe..)

Nyampe Karang Bolong,yang ditempuh sekitar 1 jam perjalanan, kesalahan yang ke-2 terulang lagi,kita ga nanya tarif pas naik,dan ditagih 15rb/orang ( normalnya 8rb-10rb).

Perut yang minta diisi,memaksa kita buat makan siang lebih dulu,dan di depan pintu masuk Karang Bolong,ada area yang agak luas berisi beragam warung makan,penjual suvenir serta parkiran.Kita memutuskan untuk makan di sini.Setelah perut kenyang,dan pencarian penginapan yang gagal dengan sukses,pilihan untuk melihat2 kawasan Karang Bolong lebih dulu rasanya lebih menggoda,bayar tiket masuk 5rb/orang..dan kita dihadapkan dengan.. Karang yg bolong dibawahnya!! :D - bukan ditengah2 ya.. ;-) - sepanjang pantai,begitu banyak karang,ini mungkin yang jadi ciri khas pantai Karang Bolong.Karang ini sendiri bisa didaki menuju pondok kecil yang agak menjorok ke laut.Sayangnya pantai di sebelah kanan ditembok/diberi pembatas? yang membuat saya tersadar,kalau kawasan yang saya masuki adalah pantainya 'kapitalis' dan melihat sampai ke ujung terjauh,semakin menguatkan pikiran saya,setiap hotel,Cottage atau penginapan yang mengarah ke pantai,akan mengkapling2 pantai dengan membuat tembok2 pembatas pantai sampai ke ujung pantai terdalam..fiuhhh! minus satu untuk kawasan Anyer!!
Turun dari karang,rasa haus dan kelapa muda di ujung mengundang selera - ini penjual tau ja,kalo naik turun karang dan dihadapkan dengan kelapa muda segar,pasti bikin air liur turun naik di leher,godaan yang tidak tertahankan.. :D- jadilah kita nyicipin kelapa muda dengan harga 5rb/buah.One word...SEGER!!

Setelah melihat sekeliling Karang Bolong,kita memutuskan untuk ga menginap sekitar situ,toh pemandangannya dah kita lihat,mending nyari2 kawasan baru,jadinya kita jalan balik agak ke utara,dan melihat sebuah pantai umum, Karang Suraga.Nanya pemilik warung di ujung jembatan,kita akhirnya dapat tempat nginap dengan harga 150rb/malam dikasih 3 kasur dengan kamar yang luas dan kamar mandi dalam.Pantai ini adalah pantai umum,dan penduduk sekitar hanya menagih biaya masuk untuk kendaraan.

Sore kita dah duduk di hamparan pasir putih,berharap bisa menangkap sunset,tapi sayangnya,cuaca mendung,jadinya cuma ngobrol ngalor ngidul..makan malam,masuk pantai lagi,ngeliat2 view krakatau yang agak berkabut di kejauhan..

Pagi jam 5 subuh,niat masuk ngeliat2 sunrise..dan,yak,nasib sial belum mau berlalu,hujan gerimis..arrghh!setlah menunggu sekitar 15 menit,hujannya tinggal titik2 kecil,kita menuju pantai,dan sarapan kopi + indomie rebus telor sambil menunggu hujan benar2 reda.Setelah itu?nyeburrrr!!-eh airnya asin lagi, - kapan ya,saya bisa ketemu air laut yang rasanya tawar? -berharap produsen air mineral buka
pantai pribadi..:D -


Puas berendam,kita balik ke penginapan,mandi lanjut dengan makan siang,trus siap2 balik ke Jkt.Begitu balik,kesialan yang ke 3 masih datang,kita ga nanya tarif lagi,dan angkot perak nagih kita 20rb/orang!Kali ini agak ngotot dikit,dan si supir balikin duit 10rb dari duit 50rb yang dikasih..fiuhhh!
=-=-=
Note :
Rute lengkap :
1.Bus Jakarta-Merak turun di pintu Tol Cilegon Timur ,naik angkot warna ungu turun di simpang dekat Matahari,pindah angkot warna perak jurusan Labuan.
atau
2. Bus Jakarta - Merak turun di pertigaan sebelum pintu Tol Merak,naik angkot merah,turun di simpang,pindah angkot warna perak jurusan Labuan.
*Sebelum naik angkot,tanya dulu tarifnya,begitu tau kita adalah orang baru,tarifnya akan digelembungkan ma supir2 di sini ;-) *
*Jalur yang dilalui angkot jurusan Labuan adalah sepanjang pantai Anyer-Carita-Labuan,kalau ga tau tujuan mo turun di mana,biarkan feeling dan mata menuntun anda begitu melihat ada pantai yang menarik di sebelah kanan :) *

8 komentar:

Henry Hongdoyo said...

Saran terakhirnya gak setuju : biarkan mata yang memilih... karena kadang2 lihat pantai bagus, merasa perlu liat lagi dan lagi.

Akhirnya pas udah ujung baru sadar kalo banyak yang lebih bagus yang sudah dilewati *koq kayak milih cewek yach... xixixi...

M4nk said...

Nah ntu kan bisa jadi target buat trip berikutnya...wkwkwk

titiw said...

Waa! Ternyata kita sama2 abis dari pantai ya! hihi.. dari cerita kamu kok kayaknya lupa nanya ongkos mulu ya..? Hem.. kapan2 survey lebih ok kali ya.. Cheers!
PS: AKu belom pernah nih ke karang bolong.. kapan2 mampir ah.. (mampir? kesannya satu komplek banget!)

M4nk said...

He..he..,iya nih..tapi kan justru seru di situnya,jadi ga da surprise lagi kalo pake surpei2an ;-)
=-=-=
Bisa tuh mampir dulu,kalo mo JJS ke Merak, *mang 1 komplek kan? komplek endonesah :D *

Anonymous said...

wwaahh post yang sangat2 membantu.. boleh nanya ga? kalo bus yang jakarta cilegon aja, ada? drmn naik nya tau ga? hehhee

Cm4nk said...

Jakarta Cilegon ada, dari kalideres..
tapi rasanya lebih efisen nunggu2 bus di sekitaran gatot subroto sampe slipi ntu, ntar nyambung angkot lagi :D

Cimilikity said...

nanya lagi nanya lagi
penginapannya 150 rb itu setelah nego? nego gmn, bagi2 ilmu doongggg :D
pake ac gaa?

Cm4nk said...

Dpt info dari ibu2 penjuat makanan di sekitar situ.. :D ,
ga pake AC, ntu penginapan yang disiapin penduduk sekitar situ kok,bukan wisma atw hotel :)

Copyright © 2008 - Track of ink.. - is proudly powered by Blogger